adalah Character, String, Array, Numbers dan Booleans. Semuanya akan kita bahas sejelas dan sesederhana mungkin di dalam modul ini.
- var identifier: Type = initialization
- var company: String = "Dicoding"
- var atau val
var atau val digunakan untuk mengontrol nilai dari sebuah variabel. Dengan kata kunci var kita bisa mengubah nilai yang sudah kita inisialisasikan. Sebagai contoh:
- var company: String = "Dicoding"
- company = "Dicoding Academy"
Variabel company yang awalnya memiliki nilai “Dicoding” sekarang sudah diubah menjadi “Dicoding Academy”. Sedangkan jika kita menggunakan kata kunci val, kita tidak bisa mengubah nilai yang sebelumnya sudah kita inisialisasi. Jika kita memaksa untuk mengubahnya, maka akan terjadi eror seperti berikut:
- val company: String = "Dicoding"
- company = "Dicoding Academy" //Val cannot be reassigned
- Identifier
Identifier merupakan nama dari sebuah variabel. Pada contoh kode di atas yang merupakan identifier adalah company. Perlu diketahui bahwa di dalam sebuah program kita tidak bisa membuat lebih dari 1 (satu) variabel dengan nama sama. - Type
Pada bagian inilah kita menentukan tipe data dari variabel tersebut. Tipe data dibutuhkan agar kompiler dapat mengetahui bagaimana sebuah data akan digunakan. Tipe data dari contoh variabel di atas adalah String. Karena Kotlin merupakan statically typed programming language maka kita diperbolehkan untuk tidak menuliskan tipe data secara eksplisit:
- val company = "Dicoding"
- Initialization
Dan yang terakhir adalah initialization atau nilai awal dari sebuah variabel. Pada contoh di atas yang berperan sebagai initialization adalah “Dicoding” dan “Dicoding Academy”.
- fun main() {
- val firstWord = "Dicoding "
- val lastWord = "Academy"
- print(firstWord + lastWord)
- }
- /*
- output: Dicoding Academy
- */
- fun main() {
- val valueA: Int = 10
- val valueB = 20
- print(valueA + valueB)
- }
- /*
- output: 30
- */